Email : inash@inash.or.id

Back

EDUCATION DETAIL

image

KATA PENGANTAR

Panduan tatalaksana hipertensi telah banyak diterbitkan oleh organisasi profesi dan keseminatan di Indonesia tetapi panduan yang khusus mengacu pada kegiatan promotif dan preventif hipertensi belum tersentuh. Upaya promotif dan preventif merupakan langkah penting dalam tatalaksana hipertensi karena terutama ditujukan untuk menurunkan prevalensi hipertensi yang di Indonesia tidak menunjukkan penurunan berdasarkan pendataan tahun 2007 dan 2018. Oleh karenanya, sangat beralasan Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) menerbitkan Panduan Promotif dan Preventif PERHI 2023.
Hipertensi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan ginjal, merupakan kelainan yang dipengaruhi oleh kombinasi faktor genetik, lingkungan dan sosial. Promosi kesehatan ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang faktor risiko hipertensi dan mendorong untuk mengidentifikasinya sedini mungkin. Saya percaya, pendekatan komprehensif upaya promotif dan preventif yang disusun oleh kontributor yang ahli dibidangnya membuat panduan ini layak dipertimbangkan sebagai acuan dalam mencegah hipertensi di Indonesia.
Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada seluruh kontributor sehingga dokumen ini dapat diterbitkan. Secara khusus saya mengapresiasi keikutsertaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam penyusunan panduan ini sehingga isinya terintegrasi dengan kebijakan dan program kesehatan di Indonesia.

Ketua PERHI/InaSH,
Dr. Erwinanto, Sp.JP (K), FIHA

Download PANDUAN PROMOTIF DAN PREVENTIF HIPERTENSI 2023

The Benefits of Joining INASH

Join inash to receive the latest hypertension news, featured in our publications. open to all current health care professionals and every member of the community.